Asal Usul dan Bentuk Rupa Iblis

DalamHadits- Iblis merupakan makhluk yang paling taat beribadah kepada Allah SWT melebihiketaatan malaikat
Dikarenakan keta'atannya dalam beribadah kepada Allah, sehingga sosok iblis ini menjadi viral di langit pertama hingga ke tujuh.

Hari demi hari yang di lewati oleh iblis tak pernah luput dari apa yang diperintahkan oleh Allah  yaitu selalu beribadah, tunduk dan patuh akan perintah Allah, bahkan ibadah dan sujud iblis ini sampai ribuan tahun tak pernah berhenti sedikitpun

Sehingga seluruh malaikat yang ada baik dibumi maupun dilangit menghormati kpd iblis dan dijadikannya sebagai pemimpin dari segala malaikat-malaikat.

Seiring berjalannya waktu, ternyata iblis ini sudah tumbuh benih-benih angkuh dan sombong didalam dirinya. Ia sudah menganggap dirinya maklhuk yang paling mulia dan yang paling tinggi derejatnya dengan makhluk ciptaan Allah yang lain.

Hingga pada suatu ketika Allah menciptakan mahkluk lain yaitu manusia yang bernama Adam as. Setelah Allah menciptakan Adam, Allah menyuruh si iblis ini untuk bersujud kepada Adam as.

Apa yang terjadi?

Ternyata iblis ini enggan bersujud kepada adam as dan menolak mentah-mentah perintah Allah dan berkata:

 “Adakah Engkau mengutamakannya daripada aku, sedangkan aku lebih baik darinya. Engkau jadikan aku dari api dan Engkau jadikan Adam dari tanah.”
Lalu Allah SWT Berfirman:

"Aku berbuat apapun yang Aku kehendaki."
Karena kesombongan dan keangkuhan telah menyelimuti dalam dirinya,  ia tetap berdiri,  iblis enggan bersujud kepada adam. Padahal diwaktu yang sama tersebut malaikat sudah berulangkali melakukan sujud kepada adam karena malaikat merasa bersyukur atas ciptaan Allah dan perintah Allah, Iblis tetap enggan bersujud.

Karena kejadian itu lah Allah kemudian mengubah wajah iblis yang rupawan nan indah cemerlang itu menjadi seperti  wajah kera, bentuknya seperti bentuk babi hutan dan kemudian kepalanya berobah seperti kepala unta, dadanya tumbuh seperti punuk unta, matanya melebar sepanjang wajahnya, bibirnya seperti lembu, giginya keluar seperti keluarnya taring babi serta jenggot nya menghilang hanya tersisa tujuh helai saja.
bentuk iblis


Lalu Allah Subhanahu wa Ta'ala mengusirnya dari surga, dari taman langit tempat ia bertinggal dulunya dan bertebaranlah ia ke beberapa jazirah.

Semenjak kejadian tersebut, iblis menjadilah makluk yang paling dilaknat oleh Allah sampai hari kiamat.

Sebelum dilaknat oleh Allah SWT, iblis ini pernah mendapatkan gelaran makhluk terbaik dari langit pertama hingga ketujuh dengan nama-namanya yang mulia

Berikut nama-nama iblis dari langit pertama hingga ke tujuh:

1. Dilangit pertama digelar dengan nama Al-Abid (sosok ahli ibadah)
2. Dilangit kedua iblis bernama Az-Zahid (sosok ahli bersuci)
3. Dilangit ke tiga gelaran nama Al-‘Arif
4. Dilangit ke empat mendapat sebutan nama Al-wali (yang dikasihi)
5. Dilangit kelima dengan nama At-Taqi (yang mematuhi)
6. Dilangit yang ke enam bernama Al-Kazim (sosok yang mengawasi)
7. Dilangit ke tujuh bernama iblis bernama Azazil, Azazil adalah panglima malaikat

Ada satu riwayat disebutkan bahwa iblis adalah salah satu golongan dari jin (bagian dari jin)

Dan ada juga yang mengatakan bahwa iblis juga bagian dari malaikat

Demikianlah sekelumit asal-usulnya iblis dan perubahan bentuknya disebabkan oleh kemurkaan Allah atas dirinya, dari sini dapat kita jadikan sebagai renungan bahwa ilmu yang banyak, ibadah yang bergunung bukanlah jaminan terselamat dari murka dan laknat Allah bila dalam diri kita masih ada sikap sombong, angkuh dan merasa diri paling benar, paling sunnah, paling banyak ibadahnya dll. Semoga kita terselamat dari penyakit tersebut. aamiin

Belum ada Komentar untuk "Asal Usul dan Bentuk Rupa Iblis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel